Empat Proyek Kerja Paksa pada Masa Kolonial Belanda



No
Nama Proyek
Tempat
Bentuk Kerja Paksa
1
Pabrik senjata
Semarang dan Surabaya
Kerja Rodi tanpa digaji
2
Pangkalan armada
Ujung Kulon
Kerja Rodi tanpa digaji
3
Jalan Raya Pos atau Jalan Daendels dari Anyer hingga Panarukan, dengan panjang lebih dari 1.000 km
Anyer sampai Panarukan
Kerja Rodi tanpa digaji
4
Benteng pertahanan
Meester Cornelis (kini Jatinegara)
Kerja Rodi tanpa digaji

Untuk mendukung data dari tabel tersbut, penulis mendeskripsikan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber.
1. Pembangunan Pabrik Senjata
Untuk memenuhi kebutuhan perang dan memperkuat pertahanan, pemerintah kolonial Belanda membangun pabrik senjata. Pabrik senjata yang dibangun yaitu pabrik senjata di Semarang dan pabrik meriam di Surabaya.

2. Pembangunan Pangkalan Armada
Pangkalan armada ini dibangun untuk menghadang Inggris agar tidak memasuki Pulau Jawa. Untuk itu dibuatlah pangkalan armada di Ujung Kulon. Pembangunan pangkalan armada dimulai tahun 1808 dengan permintaan Daendels kepada Sultan Banten agar menyediakan 1000 orang untuk kerja rodi membangun pangkalan armada. Ketiak pelaksanaan pembangunan pangkalan, banyak para pekerja yang sakit dan meninggal. Ketika itu merambah dengan hebat wabah malaria atau yang biasa dikenal dengan “uap racun” pada saat kerja rodi membangun pangkalan armada.
3. Pembuatan Jalan Raya Pos dari Anyer sampai Panarukan
Jalan Raya Pos atau bisa juga disebut jalan Daendels ini memanjang dari Anyer sampai Panarukan memunyai panjang 1000 km. Jalan Raya Pos bermula dari mercusuar Bojong sebagai titil 0 menuju keujung timur Pulau Jawa. Menurut versi sejarah yang ada, jalan lintas pantai utara (pantura) Jawa ini dibangun dengan kerja rodi. Jalan Raya Pos digunakan untuk kepentingan militer, yaitu agar tentara-tentara Belanda dapat bergerak lebih cepat.
4. Pembangunan Benteng Pertahanan
Benteng pertahanan yang dibuat oleh Belanda berada Meester Cornelis (kini Jatinegara). Benteng ini dibangun untuk kepentingan militer. Berbagai kegiatan kemiliteran dilaksanakan di dalam benteng Meester Cornelis.
Pembangunan berlangsung pada tahun 1743, ketika masa pemerintahan Gubernur Jenderal Baran van Imhoff sebagai tempat latihan garnisun Batavia. Kemudian digunakan untuk latihan kemiliteran prajurit sipil pribumi untuk mendukung langgengnya kekuasaan Belanda dan berbagai kegiatan militer lainnya dilakukan di benteng ini.
Meester Cornelis menjadi benteng yang dilewati Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan yang dibangun Daendels untuk kepentingan kemiliteran. Kemudian perkembangan transportasi membuat daerah sekitar Meester Cornelis menjadi ramai dan menumbuhkan perekenomian di di sekitarnya.






4 Responses to "Empat Proyek Kerja Paksa pada Masa Kolonial Belanda"

  1. Terima kasih, sangat membantu tugas sekolah saya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih karena ini saya bisa lebih tau banyak tentang sejarah dan contohnya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah membantu tugas saya

    ReplyDelete

Entri Terbaru

Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel