Daya Tarik dan Faktor Pendorong Bangsa-Bangsa Barat Datang ke Indonesia



      A.     Latar Belakang
Indonesia merupakan negara terbesar dan terluas bila dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara yang lain. Tidak hanya negaranya yang besar dan luas, Indonesia juga memunyai berbagai macam kekayaan sumberdaya baik alam maupun manusia yang melimpah dan keanekaragaman kebudayaan menjadi daya tarik bangsa-bangsa Barat seperti Portugis, Inggris, Spanyol, dan Belanda untuk datang, selain itu bangsa-bangsa Asia seperti Arab, Persia, India, dan Cina(Tiongkok) juga tertarik untuk datang ke Indonesia.
            Secara geografis, Indonesia yang merupakan negara kepulauan terletak di antara dua benua yang besar yaitu benua Asia dan Australia sehingga terletak di daerah yang strategis. Tak heran jika Indonesia menjadi tempat transit dan melakukan aktivitas ekonomi seperti perdagangan. Awalnya, bangsa-bangsa Barat datang ke Indonesia karena Indonesia mempunyai daya tarik dari segi ekonomi khususnya perdagangan. Selanjutnya, akan dijelaskan beberapa daya tarik dan faktor pendorong bangsa-bangsa Barat datang ke Indonesia.

      B.     Daya Tarik yang Mendorong Bangsa-Bangsa Barat Datang ke Indonesia
·        Kekayaan Alam Indonesia yang Melimpah
Indonesia dengan daerahnya yang luas memunyai kekayaan alam yang melimpah ruah. Salah satunya, bangsa Barat mengenal Indonesia dari komoditas perdagangan berupa rempah-rempah. Rempah-rempah digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, dan bahan obat-obatan. Perbedaan kondisi alam antara Indonesia dengan negara Barat, membuat bang Barat banyak yang mengincar rempah-rempah di Indonesia. Musim penghujan dan kemarau yang ada di Indonesia membuat Indonesia kaya akan rempah-rempah dibandingkan negara Barat.

·        Sumberdaya Manusia yang Melimpah dan Belum Mendapatkan Pengaruh
Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku yang tersebar di ribuan pulau di Indonesia membuat bangsa Barat datang di Indonesia. Selain itu bangsa Indonesia yang ketika itu dengan sepenuh tenaga mempertahankan tradisi cenderung belum mendapat pengaruh darimanapun. Hall tersebut yang dimanfaatkan bangsa Barat untuk kepentingan mereka dan menyebarkan pengaruh yang dibawa oleh bangsa Barat yang selanjutnya dengan 3G
.
·        Indonesia Menjadi Pusat Perdagangan
Pusat perdagangan dunia salah satunya adalah Indonesia. Penyebabnya Indonesia menjadi pusat perdagangan, salah satunya berhubungan dengan kekayaan alam Indonesia yaitu rempah-rempah. Rempah-rempah menjadi barang dagang yang menjajikan dan paling dicari oleh negara-negara di belahan dunia manapun. Selain itu, letak Indonesia yang menjadi jalur perdagangan dunia karena letaknya yang di kelilingi benua besar yaitu Asia dan Australia(Oceania).

C.     Faktor Pendorong yang Menyebabkan Bangsa-Bangsa Barat Datang ke Indonesia
·           Keinginan untuk Berdagang
Setiap pedagang pastilah ingin meraup keuntungan yang besar dari barang atau produk yang ia jual. Maka dari itu pedagang tersebut harus langsung mengambil dari produsen yang memproduksi barang hasil produksi. Begitu juga yang dilakukan oleh bangsa Barat. Mereka ingin meraup keuntungan yang besar yaitu dengan mendatangi langsung produsennya yaitu Indonesia. Bangsa Barat ingin menguasai pasar dunia yaitu dengan membeli hasil bumi Indonesia berupa rempah-rempah.

·           Motivasi 3G (Gold, Glory, dan Gospel)
Penjelajahan samudera yang dilakukan bangsa Barat dimotivasi oleh semboyan 3G yaitu singkatan dari Gold, Glory, dan Gospel. Gold yang artinya adalah emas, memunyai makna bahwa bangsa barat harus mencari kekayaan untuk mencari kekayaan, khusunya untuk dibawa pulang ke negaranya. Glory yang berarti kejayaan, memunyai makna bahwa kejayaan bangsa Barat harus ditegakkan di daerah-daerah yang mereka singgahi. Gospel bermakna keinginan bangsa Barat untuk menyebarkan agama Nasrani.

·           Revolusi Industri
Apakah yang rimaksud revolusi industri? Revolusi industri adalah pergantian secara menyeluruh dalam cara memproduksi barang yang sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan, selanjutnya digantikan tenaga mesin. Revolusi industri yang mempermudah bangsa Barat dalam hal transportasi, kondisi politik, dan keamanan. Revolusi tersebut yang membukakan jalan untuk ke Indonesia karena bangsa Barat membutuhkan bahan baku yang lebih banyak, dan bahan baku yang dicari tersebut melimpah ruah di Indonesia.

1 Response to "Daya Tarik dan Faktor Pendorong Bangsa-Bangsa Barat Datang ke Indonesia"

  1. Terimakasih banyak kak!! Membantu saya untuj memahami materi kali ini!

    ReplyDelete

Entri Terbaru

Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel